BSWiTfCpTfM7GpYlGUz5TSzlGi==

World Water Forum ke-10: Kemenangan Diplomasi Indonesia di Bidang Pengelolaan Air

Foto: Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat menghadiri acara Balinese Water Purification Ceremony rangkaian World Water Forum (WWF) ke-10 2024 di Kura-Kura Bali, Denpasar, Bali, Sabtu (18/5/2024). (CNBC Indonesia/Faisal Rahman)

Aktivitas.ID - Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, menyoroti tiga perbedaan utama pada World Water Forum ke-10 yang membuatnya istimewa dibandingkan edisi sebelumnya. Menurutnya, forum air dunia kali ini menjadi pencapaian besar bagi diplomasi Indonesia di bidang pengelolaan air.

Pertama, untuk pertama kalinya dalam sejarah World Water Forum, akan diadakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) yang dihadiri oleh 11 kepala negara dan dibuka oleh Presiden Joko Widodo. KTT ini bertujuan untuk membahas pandangan dan strategi para pemimpin dunia mengenai pengelolaan sumber daya air.

Kedua, forum ini menghasilkan deklarasi menteri yang disusun dengan upaya keras dari Kementerian Luar Negeri Indonesia bekerja sama dengan UNESCO di Paris. Deklarasi ini diharapkan membawa dampak signifikan pada pengelolaan air global.

Ketiga, adanya Compendium of Concrete Deliverables and Actions. Indonesia akan menjadi tuan rumah pusat unggulan untuk ketahanan bencana sumber daya air. Hal ini termasuk revitalisasi Balai Teknik Sabo di Yogyakarta yang akan digunakan untuk melatih insinyur dari Indonesia dan negara lain.

Dengan ketiga perbedaan ini, World Water Forum ke-10 menandai kemenangan diplomasi Indonesia dalam pengelolaan air di tingkat global.

Komentar0


ANDA MUNGKIN MENYUKAI KONTEN PROMOSI INI:

DISCLAIMER: Konten promosi dalam bentuk thumbnail banner di atas ditampilkan secara otomatis oleh sistem dari platform iklan recreativ.com. Redaksi Aktivitas.id TIDAK dapat mengendalikan jenis konten iklan yang muncul. Sehingga tidak bertanggung jawab atas materi yang ditampilkan baik sebagian maupun sepenuhnya.

Type above and press Enter to search.