BSWiTfCpTfM7GpYlGUz5TSzlGi==

Peluang Bisnis Rumahan Usaha Laundry Kiloan

Peluang Bisnis Rumahan Usaha Laundry Kiloan

Aktivitas.ID  - Peluang Bisnis Rumahan Usaha Laundry Kiloan semakin ramai dalam 10 tahun terakhir. Memang bisnis cuci sampai sekarang masih menjadi bisnis yang menjanjikan untuk dirintis. Saat ini banyak bisnis laundry yang sudah berkembang sampai menjadi franchise dengan harga franchise-nya yang lumayan mahal.

Tren bisnis laundry masih belum redup, masyarakat yang sibuk dengan pekerjaannya akan lebih memilih laundry daripada mencuci baju sendiri. Apalagi dimusim penghujan, orderan laundry akan meningkat pesat karena faktor cuaca.

Bila kita ingin meniru bisnis franchise laundry namun terkendala modal, maka membuka sendiri usaha laundry kiloan bisa menjadi solusi. Jenis laundry ini marak disekitar perumahan dan kampus-kampus. Target pasar adalah para mahasiswa atau pelajar dan warga masyarakat. Lokasi laundry sedikit banyak menentukan dalam perkembangan usaha kita.

Walaupun kita berada di lokasi yang sudah banyak pesaingnya, jangan kawatir karena usaha laundry kiloan ini termasuk unik pelanggannya. Sekali konsumen cocok dengan pelayanan suatu laundry, biasanya dia jarang sekali berpindah ke laundry yang lain. Karena itu, kualitas pelayanan juga bagian penting untuk mempertahankan para pelanggan kita agar tidak lari ke tempat pesaing. Berikut analisa usaha Peluang Bisnis Rumahan Usaha Laundry Kiloan, simak selengkapnya.

Langkah-Langkah Memulai Bisnis Rumahan Usaha Laundry Kiloan

Apabila ingin memulai bisnis ini, ada beberapa langkah yang bisa kita persiapkan terlebih dulu, antara lain :

  • Cari informasi mengenai bagaimana mencuci pakaian dan mengeringkan melalui mesin cuci yang baik dan aman untuk berbagai jenis kain. Kenali ciri-ciri kain yang mudah luntur untuk dipisahkan dengan yang lain. Apabila ada kursus mengenai usaha laundry, tidak ada salahnya ikut kursus atau pelatihannya. Tidak apalah kita mengeluarkan biaya di depan tapi ilmu yang kita peroleh bisa mencegah kerugian yang lebih besar.
  • Cari informasi mengenai detergent atau cairan lainnya yang bisa menghilangkan berbagai noda. Hal ini penting, karena salah pemilihan detergent bisa berakibat fatal terhadap pakaian yang dicuci. Kita tidak tahu seberapa penting dan bernilainya sebuah pakaian seorang konsumen, hindari protes dan amukan konsumen dengan tindakan yang teliti dan hati-hati.
  • Kita harus memahami juga teknik-teknik dalam menyeterika pakaian termasuk cara melipatnya agar terlihat rapi. Menyeterika dengan posisi berdiri biasanya lebih efektif dan produktif daripada menyeterika dalam posisi duduk.
  • Survey pengharum yang paling banyak disukai atau dipakai oleh laundry lain. Kita bisa memberikan beberapa pilihan pengharum atau parfum laundry kepada konsumen untuk memilih.

Pembahasan Singkat Strategi Bisnis 4P Untuk Peluang Bisnis Usaha Laundry Kiloan

Salah satu strategi bisnis yang bisa kita pakai untuk memberikan gambaran usaha laundry kiloan ini adalah bauran pemasaran atau dikenal dengan istilah 4P. Berikut pembahasannya :

Product (produk)

Produk yang kita bahas dalam artikel ini adalah produk jasa, yaitu jasa laundry kiloan. Selain mencuci pakaian, jasa “turunan”nya yang harus ada adalah, jasa cuci basah saja, jasa cuci kering saja, jasa setrika, jasa cuci boneka, jasa cuci karpet dan lainnya. Khusus jasa cuci boneka dan karpet (diluar jenis pakaian) bisa dihitung bijian, bukan lagi kiloan.

Place (tempat)

Tempat usaha untuk laundry memerlukan ruangan minimal 15 meter persegi untuk penempatan mesin cuci, mesin pengering dan peralatan yang lainnya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan tempat untuk jasa laundry kiloan ini, antara lain :

  • Tersedianya air yang lancar untuk mencuci pakaian.
  • Ada tempat untuk aliran air pembuangan limbah dari mesin cuci.
  • Untuk menjaga aliran air supaya stabil, sediakan ruang untuk tandon air.
  • Tempat strategis serta dekat dengan target market.
  • Pastikan ada tempat yang cukup untuk menjemur pakaian.

Laundry kiloan mempunyai jarak jangkauan target market yang terbatas. Maksudnya, biasanya nih yang datang ke laundry kiloan kita ya dari orang sekitaran lokasi laundry. Jarang banget orang mau menempuh jarak jauh untuk mencuci pakaiannya. Orang pasti memilih jasa laundry yang dekat dengan lokasi tinggal mereka.

Promotion (promosi)

Melakukan promosi untuk mengenalkan usaha kita menjadi penting untuk dilakukan. Supaya usaha kita semakin berkembang, berikut beberapa contoh promosi yang bisa kita lakukan :

  • Lakukan promosi tertentu untuk menarik konsumen, misalnya dengan mencuci berapa kali bonus 1 kali, berikan kartu khusus untuk mengontrol yang sudah datang beberapa kali.
  • Bisa juga membuat paket minimal nyuci sekian kilo, harganya akan jadi lebih murah. Sosialisasikan promo tersebut melalui banner atau brosur yang disebar ke target market.
  • Berikan fasilitas delivery service, jemput maupun antar untuk jarak tertentu dengan gratis.

Selain hal tersebut, keramahan kepada konsumen yang datang juga merupakan promosi secara tidak langsung. Latih karyawan (kalau ada) untuk melakukan standart keramahan 3S, yaitu salam, senyum, sapa.

Price (harga)

Menentukan harga untuk jasa laundry kiloan harus disesuaikan dengan biaya operasional yang akan kita keluarkan. Banyak pengusaha laundry kiloan memberika harga yang murah, tapi dengan syarat tidak boleh ada komplain. Bentuk promosi yang seperti itu sebaiknya kita hindari, lebih baik kita memberikan harga yang sesuai dengan layanan maksimal. Kita tidak harus mengikuti harga laundry kiloan pasaran asal kita benar-benar dapat memberikan hasil cuci dan pelayanan yang memuaskan.

Analisa modal usaha laundry kiloan

Berikut ini adalah contoh pemberian harga dengan melihat analisa modal usaha laundry kiloan:

A. Modal awal Peralatan   

  • Mesin cuci dan pengering 7.000.000 
  • Setrika listrik (uap) 3 unit 1.500.000 
  • Meja setrika dan 3 unit kursi 750.000 
  • Timbangan besi 250.000 
  • Meja administrasi dan kursi plastik 250.000 
  • Keranjang besar plastik, hanger besi, rak susun untuk menyimpan baju 750.000 

Jumlah total = 10.500.000

Asumsi penyusutan peralatan dalam 4 tahun dengan nilai residu (sisa) adalah 1.000.000, maka biaya penyusutan 10.500.000 – 1.000.000 dibagi dalam 4 tahun menjadi 2.624.750/ tahun atau 218.729 /bulan.

B. Perhitungan laba rugi perbulan   

Pendapatan Order pencucian per hari 150.000 x 30 4.500.000 

Biaya-biaya :  

  • Biaya tempat 500.000 
  • Biaya sabun, parfum, pelembut 300.000 
  • Biaya listrik 300.000 
  • Biaya penyusutan peralatan 218.729 
  • Biaya gaji 3 orang pegawai @500.000 1.500.000 
  • Biaya lain-lain 100.000 

Jumlah biaya 2.918.729 

Laba bersih 1.581.271

Asumsi: Apabila ada penambahan biaya atau perubahan harga yang lainnya, silahkan disesuaikan dalam perhitungan di atas kemudian harga jasa laundry kiloan disesuaikan kembali supaya mendapatkan laba sesuai yang kita inginkan.

Analisa Swot Dalam Bisnis Rumahan Jasa Laundry Kiloan

Analisa SWOT adalah analisa sederhana untuk memetakan kondisi bisnis kita dalam menentukan strategi selanjutnya. Nah, contoh analisa SWOT untuk jasa laundry kiloan adalah sebagai berikut:

Faktor Internal  (Strengths dan Weaknesses) :

  • Lokasi yang deket dengan target pasar
  • Pelayanan yang ramah
  • Kualitas cucian yang bersih dan rapi
  • Delivery service
  • Usaha yang belum dikenal
  • SDM yang keluar masuk

Faktor Eksternal (Opportunity dan Threats) :

  • Pada musim hujan orderan naik
  • Masyarakat yang semakin terbiasa untuk laundry
  • Banyak usaha sejenis
  • Komplain dari pelanggan
  • Pemadaman listrik

Contoh Strategi Bisnis Dari Usaha Jasa Laundry Kiloan Yang Bisa Dilakukan Dari Hasil Analisa Analisa Swot

  1. Lakukan pembagian brosur rutin untuk mensosialisasikan promo-promo jasa laundry kiloan kita. Jangan lupa sertakan denah dan contact person yang bisa dihubungi.
  2. Kontrol pelayanan pegawai terhadap konsumen. Buat standart SOP pelayanan yang baik untuk dilakukan.
  3. Untuk menghasilkan kualitas cucian yang bagus, pilih mesin cuci dengan kualitas yang bagus. Cari informasi mengenai keunggulan berbagai merek mesin cuci.
  4. Selalu jaga kepercayaan pelanggan salah satunya dengan disiplin waktu pengerjaan sesuai janji.
  5. Buat karyawan menjadi nyaman bekerja dengan kondisi usaha kita. Rapikan dekorasi ruangan agar tidak terlihat berantakan dan terlihat penat.
  6. Berikan sesuatu pembeda dibanding dari para pesaing. Survey saja bagaimana pelayanan dan hasil cucian dari pesaing kita. Temukan celah yang bisa kita jadikan pembeda dari pada jasa laundry kiloan mereka.
  7. Untuk menghindari komplain pelanggan yang keterlaluan, sertakan syarat dan ketentuan yang berlaku di bagian bawah nota.Contoh syarat dan ketentuan laundry sebagai berikut :

Contoh syarat dan ketentuan laundry sebagai berikut:

  • Kami tidak bertanggungjawab atas menyusutnya bahan, lunturnya warna atau hilangnya benda berharga yang tertinggal bersama pakaian.
  • Penggantian terhadap kehilangan atau kerusakan pakaian atau barang terbatas sampai 3x biaya pembersihan pakaian atau barang tersebut.
  • Resiko yang dikecualikan dari tanggung jawab kami adalah disebabkan oleh keadaan memaksa seperti: bencana, kebakaran, huru hara dan lain-lain.
  • Barang yang tidak diambil setelah satu bulan, bukan menjadi tanggung jawab kami
  • Pengaduan atau komplain dilayani 1×24 jam setelah pengambilan barang.

Selalu komunikasikan syarat dan ketentuan ini kepada konsumen yang datang untuk diperhatikan. Hal ini untuk “mengamankan” kita dari protes yang berlebihan.

Peluang Bisnis Rumahan Usaha Laundry Kiloan menjanjikan keuntungan yang besar bila ditangani dengan management yang baik. Sudah banyak bukti usaha laundry yang sukses dari adanya franchise dalam bidang jasa laundry. Pelayanan yang baik dengan tetap menjaga kualitas hasil cucian kita adalah kunci utama untuk berhasil dalam bisnis ini. Semoga artikel ini dapat memberikan gambaran kepada para pembaca sekalian. Salam sukses!

Komentar0


ANDA MUNGKIN MENYUKAI KONTEN PROMOSI INI:

DISCLAIMER: Konten promosi dalam bentuk thumbnail banner di atas ditampilkan secara otomatis oleh sistem dari platform iklan recreativ.com. Redaksi Aktivitas.id TIDAK dapat mengendalikan jenis konten iklan yang muncul. Sehingga tidak bertanggung jawab atas materi yang ditampilkan baik sebagian maupun sepenuhnya.

Type above and press Enter to search.