BSWiTfCpTfM7GpYlGUz5TSzlGi==

Siomay Dinobatkan sebagai Jajanan Terbaik Dunia versi Taste Atlas

Siomay dari Indonesia berhasil menduduki peringkat pertama sebagai jajanan terenak di dunia (Dok: tasteatlas.com)

Aktivitas.ID - Taste Atlas, sebuah panduan kuliner terkenal, baru-baru ini merilis daftar "100 Best Street Foods in the World" pada 15 Mei 2024. Dalam daftar tersebut, berbagai jajanan khas dari berbagai negara diberi peringkat untuk menentukan yang terbaik di dunia.

Mengejutkan, Siomay dari Indonesia berhasil menduduki peringkat pertama sebagai jajanan terenak di dunia. Siomay digambarkan sebagai pangsit ikan kukus yang disajikan bersama telur, kentang, kubis, tahu, dan pare. Setelah dikukus, bahan-bahan tersebut dipotong seukuran gigitan dan disajikan dengan saus kacang pedas.

Tak hanya Siomay, Pempek khas Palembang juga berhasil masuk dalam daftar empat besar jajanan terenak di dunia versi Taste Atlas. Pempek, yang berbahan dasar ikan tenggiri dan disajikan dengan cuko, menduduki posisi keempat.

Menurut Taste Atlas, Pempek berasal dari inovasi warga Palembang yang bosan dengan sajian ikan goreng atau bakar. Mereka menggiling daging ikan dan mencampurnya dengan tepung tapioka. 

"Seiring berjalannya waktu, pempek dikenal sebagai camilan yang patut dipuji dan kini dianggap sebagai makanan tradisional khas Indonesia," tulis Taste Atlas, dikutip Selasa (21/5/2024).

Batagor juga masuk dalam daftar tersebut di urutan ke-15. Batagor, yang berasal dari Bandung pada tahun 1980, adalah dumpling ikan yang digoreng dan disajikan dengan saus kacang.

Selain makanan khas Indonesia, jajanan dari Meksiko mendominasi daftar 20 besar dengan berbagai jenis Tacos.

Berikut daftar lengkap 20 jajanan terenak di dunia versi Taste Atlas (per 15 Mei 2024):

  1. Siomay (Indonesia)
  2. Pastel de nata (Portugal)
  3. Guotie (China)
  4. Pempek (Indonesia)
  5. Tacos (Mexico)
  6. Bánh mì (Vietnam)
  7. Pierogi (Poland)
  8. Carne asada tacos (Mexico)
  9. Gringas (Mexico)
  10. Tacos al pastor (Mexico)
  11. Esquites (Mexico)
  12. Roti Canai (Malaysia)
  13. Cochinita pibil (Mexico)
  14. Pan-fried pork buns / Shengjian mantou (China)
  15. Batagor (Indonesia)
  16. Antojitos (Mexico)
  17. Tacos gobernadora (Mexico)
  18. Amritsari kulcha (India)
  19. Garantita (Algeria)
  20. Peppered Shrimps (Jamaica)

Komentar0


ANDA MUNGKIN MENYUKAI KONTEN PROMOSI INI:

DISCLAIMER: Konten promosi dalam bentuk thumbnail banner di atas ditampilkan secara otomatis oleh sistem dari platform iklan recreativ.com. Redaksi Aktivitas.id TIDAK dapat mengendalikan jenis konten iklan yang muncul. Sehingga tidak bertanggung jawab atas materi yang ditampilkan baik sebagian maupun sepenuhnya.

Type above and press Enter to search.