BSWiTfCpTfM7GpYlGUz5TSzlGi==

Makanan Pencegah Mual Saat Hamil Yang Terbukti Ampuh

Mual saat hamil

Aktivitas.ID - Adakah Makanan Pencegah Mual Saat Hamil? Pasti hal yang satu ini banyak menjadi pertanyaan untuk wanita yang sedang hamil. Karena mual pada saat hamil adalah kondisi yang kurang nyaman dan yang pasti harus segera diatasi. Untuk Anda yang hamil dan sering mengalami akan hal itu silahkan simak ulasan berikut ini tentang cara mengatasinya.

Morning sickness atau biasa disebut mual dan muntah pada wanita yang sedang hamil merupakan hal sangat mengganggu. Sebab hal itu dapat menyebabkan selera makan pada seseorang akan menjadi hilang.  Kalau hal ini terjadi pada wanita yang sedang hamil pastinya sangat berbahaya. Karena bayi yang berada dalam kandungan itu perlu asupan nutrisi dan vitamin untuk tumbuh kembangnya.

Mual pada waktu pagi hari ini biasanya juga terjadi pada seseorang yang yang menderita darah rendah dan penderita penyakit maag. Dan untuk wanita hamil mengalami mual dan muntah pada hari hari itu ketika memasuki usia kandungan 3 bulan pertama.  Sebetulnya ini adalah hal yang wajar yang sering dialami oleh wanita hamil. Rasa mual dan muntah yang dialami oleh wanita hamil itu karena ada perubahan hormon pada tubuh.

Disamping disebabkan karena perubahan hormon pada tubuh ada juga beberapa jenis makanan yang dapat menyebabkan wanita hamil mual dan muntah. Contohnya seperti brokoli, kembang kol, kol, makanan mengandung MSG, gorengan, sosis, makanan berlemak, bawang bombay dan bawang putih.

Karena banyaknya jenis makanan yang menyebabkan mual pada wanita hamil, maka harus selektif ketika memilih makanan. Berikut ini kami akan mengulas tentang daftar Makanan Pencegah Mual Saat Hamil.

Jahe

Banyak sekali orang yang suka dengan minuman yang satu ini. Disamping dapat menghangatkan tubuh jahe ini sangatlah ampuh dalam mengatasi mual pada wanita hamil dalam hitungan detik. Ada beberapa cara mengkonsumsi jahe yaitu digunakan sebagai minuman wedang jahe, sebagai campuran makanan, campuran minum teh dan dijadikan permen.

Makanan Ringan

Yang dimaksud makanan ringan disini bukan makanan ringan yang banyak mengandung sodium dan natrium. Tetapi makanan ringan yang baik dikonsumsi oleh wanita hamil yaitu makanan yang lembut. Contohnya seperti kentang rebus, keju, yoghurt, salad, sandwich, biskuit asin dan tidak lupa buah-buahan. Alangkah baiknya jika menghindari makanan yang berlemak seperti goreng-gorengan sebab makanan tersebut juga bisa menyebabkan rasa mual yang berlebihan.

Lemon

Lemon ini biasanya sering dimanfaatkan oleh wanita hamil untuk mencegah dan juga mengurangi rasa mual. Buah yang menghasilkan rasa asam ini dipercaya mampu untuk mengatasi rasa mual yang dirasakan oleh wanita yang sedang hamil.

Lemon ini dapat dicampurkan dengan berbagai macam jenis makanan atau minuman seperti jus atau membuat air lemon biasa. Tetapi sebaiknya sebelum minum air lemon pastikan Anda mengkonsumsi roti lebih dulu agar asam lambung tidak naik.

Kerupuk atau Biskuit

Pada waktu bangun tidur tidak ada salahnya Anda mengkonsumsi makanan kering berkarbohidrat seperti roti panggang, sereal, biskuit, dan kerupuk. Hal ini bertujuan untuk mencegah rasa mual dan muntah. Berbagai macam jenis makanan cair juga bisa Anda konsumsi disela waktu makan.

Makanan Dingin

Biasanya wanita yang sedang hamil apabila mencium bau masakan yang sedang dimasak. Ini juga salah satu faktor yang bisa memicu rasa mual. Tetapi tidaklah perlu khawatir sebab dengan mengkonsumsi makanan dingin adalah salah satu makanan yang dapat mencegah rasa mual paling efektif.

Kalau Anda merasa mual tidak usah panik, usahakan diri Anda tenang dengan mengkonsumsi makanan dingin seperti pudding, sereal dan yoghurt. Kalau Anda masih merasa mual sediakan minuman yang dingin untuk mengatasinya.

Minum Susu Hamil

Pilihan rasa yang banyak pada susu khusus ibu hamil juga mampu mengatasi rasa eneg dan mual pada wanita hamil. Susu khusus ibu hamil tersebut tidak hanya banyak mengandung vitamin dan juga gizi yang baik untuk perkembangan dan kesehatan janin.

Akan tetapi susu khusus ibu hamil juga mengandung vitamin B6 yang bermanfat untuk mengurangi rasa mual yang dirasakan.

Pepaya

Pepaya adalah Makanan Pencegah Mual Saat Hamil selanjutnya. Manfaat pepaya sama persis seperti susu khusus ibu hamil yang juga mengandung vitamin B6. Yang vitamin tersebut bermanfaat untuk mengatasi dan meringankan rasa mual pada wanita hamil.

Bukan hanya vitamin B6 saja yang terkandung, buah pepaya juga baik melancarkan pencernaan. Sedangkan vitamin C yang terkandung pada pepaya sangatlah efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Buah Apel

Bukan hanya pepaya saja yang baik untuk pencernaan, ternyata buah apel juga banyak mengandung serat yang juga baik buat pencernaan. Selain rasanya yang masam, buah apel juga mampu meringankan rasa mual yang Anda rasakan. Buah apel bisa langsung Anda konsumsi, mengolahnya menjadi jus atau juga menjadi keripik.

Buah Pisang

Ada satu lagi buah yang wajib Anda konsumsi pada waktu hamil yaitu buah pisang. Pasti Anda merasakan pada waktu hamil tubuh akan merasa cepat lelah. Selain bisa mengatasi rasa mual buah pisang juga sangatlah efektif untuk memberi energi secara cepat.

Demikian ulasan tentang Makanan Pencegah Mual Saat Hamil yang terbukti ampuh. Semoga tulisan ini dapat menambah wawasan dan juga bermanfaat bagi kita.

Komentar0


ANDA MUNGKIN MENYUKAI KONTEN PROMOSI INI:

DISCLAIMER: Konten promosi dalam bentuk thumbnail banner di atas ditampilkan secara otomatis oleh sistem dari platform iklan recreativ.com. Redaksi Aktivitas.id TIDAK dapat mengendalikan jenis konten iklan yang muncul. Sehingga tidak bertanggung jawab atas materi yang ditampilkan baik sebagian maupun sepenuhnya.

Type above and press Enter to search.