BSWiTfCpTfM7GpYlGUz5TSzlGi==

Kunci Peluang Usaha Sebenarnya Terletak pada Wirausaha

Kunci Peluang Usaha Sebenarnya Terletak pada Wirausaha

Aktivitas.ID
- Kunci peluang usaha sebenarnya terletak pada siapa? Ada pernyataan mengenai siapa sebenarnya yang menjadi kunci peluang usaha. Di pertanyaan tersebut ada pilihan jawan yaitu : Pemerintah, Konsumen, Distributor dan Pengusaha/Wirausaha. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita harus mengetahui masing-masing peran dari tiap poin jawaban. Namun, kita langsung saja fokus membahas peran pada pilihan keempat, yaitu Wirausaha / Pengusaha.

Wirausaha berasal dari kata wira dan usaha. Wira berarti adalah pejuang dan usaha adalah bisnis. Oleh karena itu Wirausaha adalah seorang pejuang yang mengusahakan sesuatu, yaitu usaha atau bisnisnya.

Wirausaha atau pengusaha adalah seseorang yang berupaua untuk menciptakan usaha dan lapangan pekerjaan untuk dirinya dan juga orang lain dengan sumber daya yang ia miliki. Inovasi dan kreativitas wirausaha sangat diperlukan untuk mendapatkan penghasilan. Pengusaha yang berpengalaman biasanya memiliki banyak ide dan dapat menangkap peluang bisnis untuk membangun usaha

Kunci peluang usaha sebenarnya terletak pada?

Mungkin banyak yang mencari jawaban dari soal dari pertanyaan di atas. Di mana kita hanya diberi pilihan jawaban seperti berikut:

A. Pemerintah

B. Konsumen

C. Distributor

D. Pengusaha / Wirausaha

Kalau tadi kita sudah mengetahui arti sesungguhnya dari wirausaha dan tahu apa yang ia usahakan atau perjuangkan. Maka tentu jawaban dari pertanyaan tadi adalah poin D yaitu Pengusaha / Wirausaha.

Wirausaha adalah kunci peluang usaha, karena memang seorang wirausaha akan menangkap peluang usaha yang akan menjadi sumber penghasilan bagi dirinya. Hebatnya lagi, dengan menangkap peluang usaha seorang pengusaha akan dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat, sehingga, ini akan membantu meningkatkan perekonomian mereka.

Sifat Karateristik / Ciri Wirausaha

Ada beberapa ciri / sifat karakteristik yang dimiliki wirausaha atau pengusaha, antara lain adalah sebagai berikut :

  • Memiliki kreativitas
  • Berani mengambil risiko
  • Memiliki semangat tinggi dan berkemauan keras
  • Memiliki analisis yang baik
  • Tidak konsumtif
  • Memiliki jiwa pemimpin
  • Berorientasi pada masa depan
Berikut penjelasan untuk masing-masing poin ciri wirausaha:

Memiliki Kreativitas

Seorang wirausaha memerlukan kreativitas untuk dapat terus berinovasi pada produk maupun jasa yang ia pasarkan. Dengan adanya inovasi, maka akan terus ada added value atau nilai tambah yang dapat memuaskan pelanggan atau konsumen. 

Kreativitas sangat diperlukan agar wirausaha dapat terus memberikan hal yang baru bagi konsumen. Sehingga, konsumen tidak merasa bosan dengan produk atau jasa yang kuno. Adanya kreativitas akan membuat bisnis kita lebih dilirik ketimbang bisnis dari kompetitor, ini membuat kreativitas menjadi skill yang cukup penting dalam menaklukan kompetititor. 

Berani mengambil risiko

Memang adanya peluang suatu usaha akan sangat menggiurkan bagi kebanyakan orang, namun pada peluang tersebut tentu masih ada risiko yang membuat orang akan berpikir dua kali untuk mengambil peluang tersebut. 

Risiko yang mungkin terjadi tentu saja ada bermacam-macam tergantung peluang apa yang diambil. Misalkan saja, ada peluang untuk membuka bisnis toko buah. Risiko yang bisa terjadi adalah pembelinya sendiri, buah cepat busuk, pengiriman buah ke toko lama, dan lain-lain. Bagi seorang yang memiliki jiwa wirausaha tentu dia akan tetap menangkap peluang tersebut meskipun ada banyak risiko. Selanjutnya tinggal pengusaha tersebut akan berusaha meminimalisir ataupun menghilangkan potensi risiko tersebut dan mengubahnya menjadi keuntungan.

Memiliki semangat tinggi dan kemauan keras

Apabila kita sudah dapat menemukan peluang dan memikirkan mengenai konsep inovasi hingga bagaimana cara mengantisipasi risikonya. Namun, apabila kita tidak memiliki semangat tinggi maupun kemauan yang keras, ini tidak akan membuat mulai bergerak melaksanakan ide tersebut.

Perlu semangat tinggi untuk terus konsisten melaksanakan perjuangan dalam membangun bisnis. Bisnis memerlukan waktu yang tidak singkat dan perlu penanganan yang mungkin akan melelahkan bagi kebanyakan orang. Tentu semangat yang tinggi akan dapat membuat seorang wirausaha tetap bertahan memperjuangkan bisnisnya.

Memiliki analisis yang baik

Seorang wirausaha juga memiliki analisis yang baik dalam menjalankan bisnisnya, dimana sejak awal dalam memikirkan ide bisnis atau peluang usaha, seharusnya juga sudah menganalisis tentang seperti apa bisnis tersebut.

Dalam ilmu kewirausahaan ada yang namanya SWOT : Strenght, Weakness, Opportunity dan Treaths. SWOT kalau diartikan dalam Bahasa Indonesia adalah sebagai berikut : Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Hambatan. Nah, tugas seorang wirausaha adalah menganalisis SWOT bisnisnya, agar ia dapat paham betul bagaimana bisnisnya akan berjalan. 

Tidak Konsumtif

Sikan konsumtif sangat dihindari oleh wirausaha. Seorang wirausaha akan berusaha menekan pengeluaran seminim mungkin, agar tidak mengakibatkan kerugian pada bisnisnya. Pengeluaran yang dikeluarkan juga tetap harus untuk kepentingan bisnisnya, dan bukan untuk kepentingan pribadi. Oleh karena itu penting untuk memisahkan keuangan bisnis dan keuangan pribadi.

Memiliki Jiwa Pemimpin

Seorang wirausaha juga memerlukan jiwa kepemimpinan agar dapat memimpin bisnisnya dan dapat berkembang menjadi bisnis yang besar. Meskipun saat ini masih ada wirausaha yang belum memiliki karyawan atau pegawai, setidaknya dia harus menjadi pemimpin bagi dirinya sendiri.

Berorientasi Pada Masa Depan

Masa depan yang cerah adalah impian dari para wirausaha, sehingga apa yang dia kerjakan saat ini adalah serta merta demi masa depan bisnisnya. Ia selalu melihat ke tujuan utama dari bisnis tersebut, sehingga dengan memiliki tujuan, seorang pengusaha akan berada di lintasan yang benar dalam menuju ke tujuannya.

Masa lalu yang sudah dilalui akan menjadi pembelajaran yang akan menjadi bekal dalam memperkuat bisnisnya. Pengalaman yang semakin banyak, akan membuat seorang wirausaha semakin paham seluk beluk bisnisnya dan percaya bahwa bisnisnya akan semakin maju di masa depan

Demikianlah penjelasan mengenai Kunci Peluang Usaha Sebenarnya Terletak Pada Wirausaha. Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat bagi Anda semua.

Komentar0


ANDA MUNGKIN MENYUKAI KONTEN PROMOSI INI:

DISCLAIMER: Konten promosi dalam bentuk thumbnail banner di atas ditampilkan secara otomatis oleh sistem dari platform iklan recreativ.com. Redaksi Aktivitas.id TIDAK dapat mengendalikan jenis konten iklan yang muncul. Sehingga tidak bertanggung jawab atas materi yang ditampilkan baik sebagian maupun sepenuhnya.

Type above and press Enter to search.