Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat SOP (Standart Operating Procedure) yang Benar

Cara Membuat SOP (Standart Operating Procedure) Yang Benar

Aktivitas.ID
- SOP merupakan elemen penting dalam sebuah perusahaan karena SOP inilah yang menjadi penggerak atas kinerja seluruh  anggota perusahaan anda. Akan tetapi yang terjadi di lapangan, standard operating procedur yang dibuat oleh kebanyakan perusahaan saat ini khususnya perusahaan kecil tidak semuanya memiliki kualitas untuk dijadikan sebagai sebuah standard.

Tidak sedikit juga SOP yang hanya berakhir sebagai hiasan karena pada prakteknya tidak bisa diimplementasikan sebagai fungsi yang benar. Lalu bagaimana Cara Membuat SOP (Standart Operating Procedure) Yang Benar yang bisa digunakan untuk membuat SOP yang berkualitas?

Pertanyaan inilah yang sering ditanyakan bagi mereka para pengusaha yang belum punya pengalaman sama sekali dalam membuat SOP pada perusahaan mereka.

Berikut ini kami merumuskan tentang tahapan bagaimana cara membuat SOP atau Standart Operating Procedure yang benar, beberapa poin tahapan tersebut diantaranya :

  1. Membuat team khusus SOP
  2. Menentukan siapa pengguna SOP yang akan dirumuskan oleh team anda
  3. Menentukan waktu setiap kegiatan yang tercantum dalam SOP
  4. Menentukan tempat dimana suatu kegiatan dalam SOP itu dilakukan
  5. Uraikan dengan jelas hal-hal yang boleh ataupun yang tidak boleh dilakukan
  6. Melakukan brainstorming dengan team anda
  7. Mensimulasikan isi dari pada SOP anda
  8. Sosialisasikan kepada seluruh pelaksana SOP anda
  9. Implementasikan SOP anda
  10. Amati implementasi dari pada prosedur anda dan perbaiki jika ada kekurangan.

Menyusun SOP yang tepat sesuai filosofi perusahaan anda adalah sangat penting dilakukan karena walau bagaimanapun motor penggerak dari perusahaan anda adalah karyawan, dan SOP inilah yang menjadi patokan dan panduan kerja karyawan anda sehingga jelas arah dan tujuan karyawan anda dalam bekerja. Dengan berpedoman pada SOP semua kegiataan yang dilakukan dapat lebih teratur, dan tidak saling tumpang tindih.

Membuat SOP yang baik setidaknya terdapat tahapan yang telah dan disebtkan dan tercantum pada 10 poin diatas, namun walaupun begitu anda bisa menambahkan sendiri poin-poin lainya yang menurut anda sesuai dengan kebutuhan perusahaan yang sedang anda jalankan.

Cara membuat SOP atau Standart Operating Procedure yang benar yang disebutkan diatas adalah yang telah umum dipraktikkan dan terbukti cukup berhasil menjalankan bisnis yang di kelola.

Yang paling penting diperhatikan dalam Cara Membuat SOP (Standart Operating Procedure) Yang Benar adalah untuk membentuk team SOP terlebih dahulu. Satu orang akan bertindak sebagai tim dan yang lain akan membantu pembentukan SOP berdasarkan pada standar yang diinginkan.

Proses pembentukan memang menjadi sesuatu yang butuh waktu dan masing-masing anggota harus memiliki wawasan yang jelas untuk masing-masing bidang yang dipegang sehingga dapat mengidentifikasi kebutuhan dan tantangan yang harus dihadapi kedepan.

Posting Komentar untuk " Cara Membuat SOP (Standart Operating Procedure) yang Benar"