BSWiTfCpTfM7GpYlGUz5TSzlGi==

Tanda-tanda Kehamilan Sebelum Haid Atau Menstruasi

 Tanda-tanda Kehamilan

Aktivitas.ID - Rata-rata orang menandai tanda-tanda kehamilan dengan tidak datangnya haid atau menstruasi. Tapi ada banyak wanita dengan siklus haid yang kadang tidak teratur dan tidak pasti, bagaimana cara mereka yang haid dengan tidak teratur menandainya. Maka dari itu banyak wanita yang menyadari adanya janin telah tumbuh dikarenakan mereka tidak mengetahui tanda-tanda kehamilan selain dengan siklus haid.

Siklus haid wanita pada umumnya terjadi antara 21 sampai dengan 35 hari sendangkan untuk wanita-wanita yang tidak teratur siklus haidnya kiarena biasanya dipengaruhi oleh stress, gaya hidup, olahraga hingga pengaruh dari penggunaan pil kontrasepsi. Selain itu juga dapat dipengaruhi karena terjadinya sindrom polikistik ovarium ataupun terjadi kehamilan. Maka dari itu kehamilan bukanlah faktor utama yang mempengaruhi tidak lancarnya siklus haid. Berikut adalah tanda-tanda kehamilan sebelum haid atau menstruasi:

Tanda-tanda Kehamilan Sebelum Haid Atau Menstruasi

1. Mual

Mungkin sebagian dari anda sudah mengetahui kalau mual dan muntah adalah salah satu dari tanda-tanda kehamilan dini. Untuk membedakan mual muntah antara wanita hamil dengan mual muntah orang yang sakit adalah, pada wanita hamil mual muntah terjadi dari pagi siang dan malam hari. Mual baru disadari saat sang calon ibu memasukan makanan kedalam mulut dan selera makan berkurang, maka dari itu makanan akan dimuntahkan kembali. Kondisi inilah yang sering disebut oleh banyak orang sebagai morning sickness. Kondisi ini pasti dialami oleh semua wanita hamil muda, hanya saja ada yang ringan dan berat yang mana dapat mengganggu kegiatan sehari-hari.

2. Kelelahan

Tanda-tanda lainnya adalah kelelahan. Lelah yang dirasakan oleh ibu hamil usia muda terjadi karena adanya hormon progesterone yang ada pada tubuh sedang bekerja di dalam tubuh. Sering dari anda mengabaikan tanda-tanda ini karena mungkin saja dikira hanya tanda fisik biasa yang sering terjadi pada manusia. Bedanya dengan kelelahan fisik biasa adalah, jika kelelahan karena hamil lebih cepat dan terkadang bisa terjadi karena lelah melakukan hal-hal kecil.

3. Ukuran buah dada

Tanda kehamilan sebelum haid atau menstruasi berikutnya adalah ukuran buah dada anda. Cobalah untuk mencermati ukuran buah dada anda apakah mengalami perubahan dari biasanya? Umumnya ukuran buah wanita hamil muda akan membesar dari ukuran biasanya. Terjadinya pembesaran ukuran buah dada tidak lama setelah wanita mengalami pembuahan. Beberapa perubahan buah dada antar lain adalah bengkak, rasa sakit, dan ukuran. Ini wajar pada wanita hamil dikarenakan setelah mengalami ovulasi tubuh akan mulai mempersiapkan diri untuk meproduksi ASI. Hanya saja banyak wanita mengabaikan tanda satu ini karena dianggap sebagai tanda premenstruasi. 

4. Suhu tubuh meningkat

Anda akan merasakan suhu badan anda meningkat setelah melakukan hubungan suami istri? Suhu tubuh yang naik menjadi pertanda jika sedang terjadi kondisi ovulasi. Meningkatnya suhu tubuh itu disebabkan karena pelepasan hormone progesterone. Sedangkan apabila ovulasi gagal progesterone akan menurun yang mana menyebabkan suhu tubuh akan menurun. Nah, untuk mengetahui naiknya suhu tubuh anda harus menggunakan alat pengukur tubuh.

Untuk mengetahui secara pasti cermati secara pasti segala gejala-gejala diatas, atau anda dapat menggunakan test kehamilan atau berkonsultasi kepada bidan ataupun dokter kandungan.

Komentar0


ANDA MUNGKIN MENYUKAI KONTEN PROMOSI INI:

DISCLAIMER: Konten promosi dalam bentuk thumbnail banner di atas ditampilkan secara otomatis oleh sistem dari platform iklan recreativ.com. Redaksi Aktivitas.id TIDAK dapat mengendalikan jenis konten iklan yang muncul. Sehingga tidak bertanggung jawab atas materi yang ditampilkan baik sebagian maupun sepenuhnya.

Type above and press Enter to search.