BSWiTfCpTfM7GpYlGUz5TSzlGi==

Temuan Terbaru: Jurusan Kuliah Ini Paling Diminati di Dunia Kerja dan Bergaji Besar

Wisudawan dan Wisudawati

Aktivitas.ID - Kuliah sering dianggap sebagai langkah penting dalam kehidupan karena seringkali menentukan karir seseorang setelah lulus. Saat memilih jurusan, banyak orang mempertimbangkan potensi pendapatan yang akan diperoleh di masa depan.

Penelitian terbaru dari National Bureau of Economic Research berjudul "College Majors and Skills: Evidence from the Universe of Online Job Ads" (2021) mencoba mengungkap hubungan antara jurusan kuliah dan pendapatan setelah bekerja. Penelitian ini menganalisis data lowongan pekerjaan di Amerika Serikat dari tahun 2010 hingga 2018 untuk melihat jurusan mana yang paling dibutuhkan oleh perusahaan dan perkiraan gajinya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa jurusan bisnis dan teknik memiliki peluang besar untuk mendapatkan gaji tinggi. Ini karena mahasiswa dari dua jurusan tersebut mempelajari keterampilan yang sangat dibutuhkan di dunia kerja, seperti berpikir logis dan kritis.

Mahasiswa jurusan bisnis dan teknik dilatih untuk berpikir kritis sejak awal kuliah, sehingga mereka siap menghadapi berbagai tantangan ketika lulus. Kemampuan ini membuat lulusan kedua jurusan tersebut mampu mengatasi berbagai masalah di tempat kerja.

Penelitian juga menunjukkan bahwa jurusan bisnis dan teknik mengembangkan keterampilan kognitif, manajerial, organisasi, manajemen proyek, dan sosial. Menariknya, lulusan dari jurusan ini yang bekerja di bidang yang tidak sesuai dengan jurusannya justru bisa mendapatkan gaji lebih tinggi karena keterampilan mereka sangat dibutuhkan.

Di sisi lain, jurusan seperti keperawatan, perpustakaan, seni keagamaan, dan filsafat kurang diminati oleh dunia usaha. Jurusan keperawatan, misalnya, mempelajari keterampilan yang sangat spesifik sehingga kurang dicari di pasar kerja untuk lulusan perguruan tinggi.

Berdasarkan temuan ini, tim peneliti dari National Bureau of Economic Research merekomendasikan agar pembuat kebijakan dan pimpinan perguruan tinggi mempertimbangkan cara untuk memastikan bahwa kompetensi lulusan sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan di dunia kerja.

Komentar0


ANDA MUNGKIN MENYUKAI KONTEN PROMOSI INI:

DISCLAIMER: Konten promosi dalam bentuk thumbnail banner di atas ditampilkan secara otomatis oleh sistem dari platform iklan recreativ.com. Redaksi Aktivitas.id TIDAK dapat mengendalikan jenis konten iklan yang muncul. Sehingga tidak bertanggung jawab atas materi yang ditampilkan baik sebagian maupun sepenuhnya.

Type above and press Enter to search.