BSWiTfCpTfM7GpYlGUz5TSzlGi==

Semua Hotel di Dekat Borobudur Penuh Menjelang Waisak

Candi Borobudur. Foto: Dok. Kementerian PUPR

Aktivitas.ID - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, menargetkan 300 ribu wisatawan akan hadir pada puncak perayaan Hari Raya Tri Suci Waisak 2568 BE yang jatuh pada Kamis, 23 Mei 2024. Target ini diumumkan dalam acara pelepasan 40 Bhikkhu untuk ritual Thudong di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.

"Dengan kehadiran 40 Bhikkhu Thudong dari Thailand, Malaysia, Singapura, dan Indonesia, serta 20 ribu umat Buddha, kita menargetkan 200 ribu hingga 300 ribu wisatawan di destinasi super prioritas Borobudur," ujar Sandi dalam sambutannya di Gedung Sasono Utomo, TMII, Selasa, 14 Mei 2024.

Sandiaga berharap puncak perayaan Hari Raya Tri Suci Waisak ini membawa berkah bagi para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di sekitar Candi Borobudur. Ia menyebutkan bahwa semua akomodasi di sekitar Borobudur sudah habis dipesan.

"Setiap kali ada acara Waisak, seluruh hotel, homestay, dan desa wisata di sekitar Balkodes (Balai Ekonomi Desa) Borobudur selalu habis dipesan," kata Sandi.

"Ini menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," tambahnya.

Lebih lanjut, Sandiaga menjelaskan bahwa hotel dan homestay yang berada di lingkar satu atau yang paling dekat dengan Candi Borobudur sudah penuh, namun masih ada penginapan yang tersedia di kawasan lain seperti Magelang, Yogyakarta, Kulon Progo, dan Sleman.

"Dari lingkar satu, desa wisata, hingga homestay semuanya sudah penuh, tapi masih ada beberapa kamar yang tersedia di Magelang dan sekitar Yogyakarta, Kulon Progo, Sleman," jelas Sandi.

Sandiaga juga berharap puncak perayaan Waisak di candi Buddha terbesar di dunia ini dapat menghasilkan pengeluaran wisatawan hingga US$2 ribu atau sekitar Rp31,8 juta per orang (asumsi kurs Rp15.914/US$).

"Kita melihat dampak ekonomi yang cukup besar dari acara ini. Kita harus menghitung dengan cermat, tidak bisa hanya 15-20 persen," kata Sandi.

"Untuk wisatawan mancanegara, target pengeluaran antara US$1.500 hingga US$2 ribu, dan kita harus menghitungnya dengan benar karena ini akan menjadi acuan di masa mendatang," lanjutnya.

Sebagai informasi, sebanyak 44 Bhikkhu akan melaksanakan ritual Thudong dalam rangka merayakan Hari Raya Tri Suci Waisak 2568 BE, dengan perjalanan dimulai dari TMII menuju Candi Borobudur dan berakhir di Candi Muaro Jambi.

Komentar0


ANDA MUNGKIN MENYUKAI KONTEN PROMOSI INI:

DISCLAIMER: Konten promosi dalam bentuk thumbnail banner di atas ditampilkan secara otomatis oleh sistem dari platform iklan recreativ.com. Redaksi Aktivitas.id TIDAK dapat mengendalikan jenis konten iklan yang muncul. Sehingga tidak bertanggung jawab atas materi yang ditampilkan baik sebagian maupun sepenuhnya.

Type above and press Enter to search.