BSWiTfCpTfM7GpYlGUz5TSzlGi==

Adakah Efek Samping Berpikir Negatif Terus Terhadap Kesehatan

Beripikir negatif apakah berdampak bagi kesehatan?

Aktivitas.ID - Pikiran negatif kadang sulit untuk dikontrol. Pikiran negatif kadang muncul tiba-tiba saat kita khawatir terhadap suatu hal. Banyak orang yang menyatakan bahwa pikiran negatif ini sangat berbahaya jika tidak bisa kita kontrol. Lalu adakah Efek Samping Berfikir Negatif Terus Terhadap Kesehatan kita?

Berdasarkan studi, ternyata terlalu banyak berpikir negatif mampu mempengaruhi kondisi kesehatan kita. Tak hanya kesehatan mental, kesehatan fisik juga bisa terpengaruh karena hal ini. Sayangnya pikiran negatif ini sangat susah untuk dideteksi kapan akan muncul dan cukup sulit untuk mengontrolnya. Sekali pikiran negatif ini muncul, hal ini akan memenuhi otak kita dengan hal-hal negatif juga.

Pengaruh Pikiran Negatif Bagi Kesehatan

Menurut para pakar psikologi, pikiran negatif mampu mengakibatkan seseorang mengalami kondisi psikosomatis. Sebenarnya apa itu psikosomatis. Psikosomatis merupakan masalah psikis yang mampu mempengaruhi kondisi fisik seseorang. Misalnya seseorang yang sering mengalami sakit kepala, keram otot, dan sesak nafas karena terlalu banyak beban pikiran sehingga memacu stress dalam diri orang tersebut.

Pikiran negatif pertama-tamanya akan menyerang kondisi mental kita. Saat pikiran negatif sudah membanjiri otak kita, suasana hati kita akan dengan mudah berubah. Suasana hati yang mulai gelisah ini akan membuat tubuh kita tidak rileks. Saat-saat seperti inilah kita menjadi rawan terserang penyakit.

Hormon stress bisa terpacu dengan cepat jika pikiran negatif ini tidak bisa kita kontrol. Jika pikiran negatif sudah membanjiri otk kita dan kita tidak bisa segera mengatasinya, hormon stress akan terpacu dan ini sangat berbahaya. Jika kita sudah terserang stress, depresi akan lebih mudah terjadi. Saat depresi, imunitas tubuh kita akan menurun, saat inilah kita menjadi rawan terkena penyakit.

Selain itu, pikiran negatif mampu mendorong seseorang untuk melakukan hal yang sangat tidak baik untuk kesehtan. Misalnya saja saat pikiran negatif muncul dan tidak bisa terkontrol, seseorang akhirnya lari ke alkohol, rokok atau bahkan narkoba. Hal ini akhirnya menjadi sangat berbahaya.

Adakah Efek Samping Berfikir Negatif Terus Terhadap Kesehatan , tentu saja ada. Memang tidak secara langsung, pikiran negatif ini mempengaruhi kesehatan seseorang. Tapi pikira negatif ini akan mengakibatkan efek domino yang sangat berbahaya bagi kesehatan jika kita tidak bisa mengontrolnya.

Mengatasi Bebiasaan Berpikiran Negatif

Seperti yang sudah sama-sama kita ketahui diatas, pikiran negatif bisa memicu masalah kesehatan pada tubuh seseorang. Maka dari itu pikiran negatif ini harus bisa dikontrol. Pikiran negatif tidak bisa dihindari atau dihilangkan, hanya bisa dikontrol.

Tidurlah yang cukup untuk mengurangi kebiasaan berpikiran negatif. Tidur yang berkualitas mampu menjaga kondisi tubuh dan pikiran lebih rileks. Dengan kondisi pikiran yang lebih tenang karena fisik yang rileks, kita akan lebih mudah mengontrol pikiran kita.

Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin E dan vitamin B kompleks juga bisa memberi pengaruh yang signifikan. Vitamin E yang terkandung dalam makanan tersebut akan menjadi antioksidan yang mampu mengatasi radikal bebas yang mampu memicu stress dalam diri seseorang.

Sedangkan vitamin B kompleks mampu memicu otak untuk mengeluarkan zat serotonin yang sangat berguna untuk memberikan perasaan bahagia dan mengurangi stress pada seseorang. Intinya jika mengalami masalah atau beban pikiran, share-lah pada seseorang. Hal ini akan mengurangi beban yang ditanggung.

Pikiran negatif memang sangat berbahaya. Para ahli psikologis pun mengamini bahwa hal ini akan menjadi semakin berbahaya jika kita tidak bisa mengontrolnya, karena sangat berpotensi mengakibatkan psikosomatis. Efek Samping Berfikir Negatif Terus Terhadap Kesehatan tidak boleh kita remehkan dan abaikankan begitu saja. Maka tetap jaga pikiranmu dari hal-hal yang negatif.

Komentar0


ANDA MUNGKIN MENYUKAI KONTEN PROMOSI INI:

DISCLAIMER: Konten promosi dalam bentuk thumbnail banner di atas ditampilkan secara otomatis oleh sistem dari platform iklan recreativ.com. Redaksi Aktivitas.id TIDAK dapat mengendalikan jenis konten iklan yang muncul. Sehingga tidak bertanggung jawab atas materi yang ditampilkan baik sebagian maupun sepenuhnya.

Type above and press Enter to search.