BSWiTfCpTfM7GpYlGUz5TSzlGi==

13 Makanan yang Bisa Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Ilustrasi: Bawah Putih (dok: pixabay.com)

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi di mana tekanan darah sistolik melebihi 140 mmHg dan/atau tekanan darah diastolik melebihi 90 mmHg. Menurut laman resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI), hipertensi dikenal sebagai salah satu silent killer. Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin, menyatakan bahwa satu dari tiga orang di Indonesia menderita hipertensi, yang sering kali tidak menunjukkan gejala.

"Penyakit ini sering disebut silent killer karena tidak ada keluhan yang dirasakan oleh penderita," ujar Budi, Sabtu (5/8/2023).

Untuk mengatasi tekanan darah tinggi, penting untuk menerapkan pola hidup sehat, termasuk mengatur asupan makanan. Berikut adalah 13 jenis makanan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, dirangkum dari WebMD, Sabtu (5/8/2023):

1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau, seperti bayam, brokoli, kangkung, dan sawi, kaya akan potasium yang membantu mengeluarkan natrium melalui urin dan merelaksasi pembuluh darah.

2. Buah Beri-berian

Buah beri seperti blueberry, stroberi, dan blackberry mengandung anthocyanin yang membantu memperlebar dan membuat dinding arteri lebih fleksibel, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan kesehatan jantung.

3. Yogurt

Yogurt polos rendah lemak adalah sumber kalsium yang membantu pembuluh darah mengencang dan rileks, mengontrol tekanan darah.

4. Ikan

Ikan bertulang seperti salmon dan sarden, serta ikan berminyak seperti makarel, mengandung omega-3 dan kalsium yang baik untuk kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah.

5. Biji-bijian

Biji tawar seperti labu, rami, dan bunga matahari kaya akan magnesium yang membantu mengontrol tekanan darah dan merelaksasi pembuluh darah.

6. Oatmeal

Oatmeal dari gandum utuh adalah makanan sehat, mengenyangkan, rendah sodium, dan tinggi serat yang baik untuk mengendalikan tekanan darah dan menjaga berat badan.

7. Buah Bit

Minum campuran jus bit dan jus apel dapat menurunkan tekanan darah sistolik dengan cepat, mengurangi risiko stroke.

8. Bawang Putih

Bawang putih meningkatkan kadar nitric oxide yang merelaksasi pembuluh darah, membantu jantung memompa darah dengan lebih efisien.

9. Kacang Pistasi

Kacang pistachio tanpa garam efektif menurunkan tekanan darah dan mengandung lemak sehat baik untuk jantung.

10. Buah Delima

Buah delima membantu mengurangi tekanan darah dan kaya serat yang mendukung kesehatan jantung dan pencernaan.

11. Minyak Zaitun

Polifenol dalam minyak zaitun meningkatkan kesehatan pembuluh darah. Gunakan minyak zaitun sebagai pengganti mentega atau minyak sayur dalam masakan.

12. Kacang-kacangan

Kacang polong, lentil, dan garbanzo kaya serat yang membantu menjaga tekanan darah tetap normal dan mencegah penyakit jantung koroner.

13. Cokelat Hitam

Cokelat hitam dengan kandungan kakao 50-70% mengandung flavanol yang meningkatkan nitric oxide dan melebarkan pembuluh darah, menurunkan tekanan darah. Konsumsi dengan porsi wajar.

Mengonsumsi makanan ini secara teratur dapat membantu mengontrol tekanan darah dan mendukung kesehatan jantung. 

Komentar0


ANDA MUNGKIN MENYUKAI KONTEN PROMOSI INI:

DISCLAIMER: Konten promosi dalam bentuk thumbnail banner di atas ditampilkan secara otomatis oleh sistem dari platform iklan recreativ.com. Redaksi Aktivitas.id TIDAK dapat mengendalikan jenis konten iklan yang muncul. Sehingga tidak bertanggung jawab atas materi yang ditampilkan baik sebagian maupun sepenuhnya.

Type above and press Enter to search.